Latest Update :

Sejarah Batik Indramayu

 
Halo Sobat Professortau.com Kali ini saya mencoba membuat sendiri Artikel tentang Sejarah batik kota saya sendiri yaitu Indramayu....

Indramayu Merupakan salah satu wilayah utara jawa. Yang memiliki pusat ousat industri perajin batik. Batik Indramayu sering disebut batik dermayon dan tergolong batik pesisir di samping itu yang terkenal adalah batik pekalongan, batik cirebon, batik madura. pembuatan batik klasik di indramayu di perkirakan di mulai pada masa kerajaan Demak tahun 1527 M karena banyak pengrajin dari daerah lasem yang hijrah ke indramayu oleh karena itu batik indramayu hampir sama motifnya demgan motif lasem yang di pengaruhi oleh batik china. Ki Gede Trusni dan Ki Gede Pengging (Kebo Kenanga) adalah murid syeh lemahabang. Orang orang dari pengging dan solo yang hijrah ke trusmi (Cirebon) dan disana mereka mengembangkan industri batik sampai sekarang. Cir ciri ragam hias batik Indramayu adalah ungkapan rupa, yang datar, lugas, sederhana, dan tidak mengandung makna simbolis. Sendangkan ragam hias cirebon bedasrakan makna simbolis.

Kegiatan Batik di Indramayu pada jaman dulu di kerjakan oleh para istri nelayan sebagai selingan/sambilan menunggu suami yang melaut selama 3 sampai 4 bulan yang perkembangannya terdapat di paoman, babadan, penganjang, dan terusan. Motif batik yang terkenal di Indramayu adalah motif lasem dan motif burung hong. Dan yang terlaris dan terkenal di Indramayu adalah motif batik iwak etong dan rumput laut.


Sekian dari Professortau.com mudah mudahan kalian semakin pintar. Amin!!
Share this article :

+ komentator + 3 komentator

13 September 2012 pukul 07.50

owh kok mirip2 ma batik umumnya ya??

15 September 2012 pukul 07.05

@Vicio rizky emg gan rata2 batik kayak gitu semua

Anonim
22 Maret 2022 pukul 04.38

Sejarah Batik Indramayu - Professortau >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Sejarah Batik Indramayu - Professortau >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Sejarah Batik Indramayu - Professortau >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan benar..... Jika Admin menemukan komentar yang senonoh akan kami hapus.

kalian sopan kami pun senang

 
Support : Creating Website | My Brother | Google Indonesia
Copyright © 2011. Professortau - All Rights Reserved
Template Created by Professortau Published by Gudang Software
Proudly powered by Free Blogger Template